Follow Us:
Call Us: (0370) 624232 / 0853-3763-8102

Workshop Prospek Usaha Sanitasi Aman Satu Atap Kabupaten Lombok Timur

Ags 11, 2023

Puri Albahra, 10 Agustus 2023

Salah satu strategi kabupaten Lombok Timur dalam mendukung pencapaian target sanitasi aman dan layak yang telah di tetapkan adalah dengan pelibatan pelaku pasar dalam jaringan penyediaan layanan sanitasi aman di masyarakat dan fasilitas umum. Hanya saja para pelaku pasar sanitasi ini masih bergerak sendiri sendiri sehingga layanan sanitasi yang mereka lakukan belum terkordinasi dan belum semua memenuhi standar sanitasi aman. dibutuhkan inisiasi untuk membangun kebutuhan mereka terhadap pelayanan usaha sanitasi bersama sehingga layanan sanitasi yang mereka sediakan memenuhi standar sanitasi aman. Untuk itu pemerintah Kabupaten Lombok Timur memandang perlu dilakukannya penumbuhan kebutuhan dimaksud kepada para pelaku pasar sanitasi. Melalui Pokja Perumahan dan kawasan permukiman (PKP) kabupaten Lombok Timur di dukung Unicef – Mitra Samya di selenggarakan “Workshop prospek usaha sanitasi satu atap Kabupaten Lombok Timur “ dalam rangka membangun layanan sanitasi aman satu atap yang dapat memfasilitasi masyarakat mendapatkan layanan sanitasi sesuai dengan standard sanitasi aman.

Dilaksanakan pada 10 Agustus 2023 bertempat di Puri Albahra Pancor Lombok timur Kegiatan ini di buka secara resmi oleh Kepala Bidang Pemerintahan dan pembangunan manusia Bappeda kabupaten Lombok Timur yang dalam sambutannya menyampaikan bahwa keterlibatan multi pihak untuk penyediaan layanan dasar di masyarakat termasuk dalam penyediaan sanitasi sangat di butuhkan mengingat keterbatasan fiskal kabupaten dalam pemenuhan layanan dasar masyarakat.

Kegiatan ini diikuti oleh 27 orang peserta dari unsur OPD terkait anggota Pokja Perumahan, Lembaga keuangan Mikro, Wirausaha sanitasi, BUMDES, LSM dan organisasi disabilitas, Dengan narasumber Konsultan Sanitasi aman Unicef Bapak Ari Kamasan Tenaga Ahli Wirausaha sanitasi APPSANI Bapak Dr. Koen Irianto. Seluruh proses kegiatan ini di pandu oleh Tenaga Ahli WASH Mitra Samya bapak Purnama Sidi.

Dari pertemuan di capai kesepakatan perlu menginisiasi usaha sanitasi satu atap di kab. Lotim. Masing-masing kelembagaan peserta memetakan peranya dalam jaringan usaha sanitasi satu atap . akan dilakukan penguatan kapasitas melalui pelatihan -pelatihan bagi pelaku pasar yang akan terlibat dalam jaringan sanitasi atap dalam membangun mekanisme bisnis sanitasi yang lebih baik.