Follow Us:
Call Us: (0370) 624232 / 0853-3763-8102

Pembahasan Rencana Kerja Dan Standart Operasional Prosedur (SOP) UPTD PALD Kabupaten Sumbawa Barat

Ags 07, 2023

Salah satu target pencapaian akses sanitasi layak yaitu melalui penghentian Buang Air Besar Sembarangan atau BABS, serta meningkatkan kualitas pengolahan limbah. Tercapaianya tujuan tersebut juga menjadi salah satu program prioritas nasional Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional 2020-2024. Kabupaten Sumbawa Barat sebagai salah satu kabupaten di Provinsi NTB untuk saat ini tengah bergerak dalam pengelolaan Sanitasi Aman. Capaian Sanitasi Kabupaten Sumbawa Barat telah mencapai 100% sanitasi layak dengan 18% diantaranya adalah sanitasi aman dengan target sanitasi aman sebesar 60 % di tahun 2024.

Sebagai upaya untuk mewujudkan pengelolaan sanitasi yang aman, Pemerintah Kabupaten sumbawa barat bekerja sama dengan Forkalim dan didukung oleh UNICEF - Mitra Samya melaksanakan program twinning dengan tujuan penguatan kapasitas operator baik kelembagaan dan SDM serta infrastuktur yang menunjang optimalnya pengelolaan sanitasi yang aman di KSB.

Program Twinning tahap pertama telah dilaksanakan pada tahun 2021 dengan capain, meningkatknya keterampilan tekhnis operator dalam melaksanakan prosedur sedot lumpur tinja dan pemeliharaan IPLT, tersusunnya draft awal rencana kerja UPTD PALD dan integrasi go pingky kedalam system monitoring dinas PU kabupaten sumbawa barat.

Pada tahun 2023, Pemerintah KSB di dukung oleh UNICEF- Mitra Samya sepakat dan berkomitmen untuk melaksanakan twinning tahap kedua yang bertujuan untuk melanjutkan kegiatan penyusunan rencana kerja UPTD PALD dengan mentor dari UPTD BLUD PPK PALD Kota Bekasi, dan Penyusunan SOP teknis dan administrasi pengelolaan air limbah domestik dengan dari PLCD Gresik. Draft Renja dan SOP yang telah di susun oleh UPTD perlu untuk direview dan mendapatkan masukan untuk substansinya dari Mentor.