Follow Us:
Call Us: (0370) 624232 / 0853-3763-8102

Pelatihan Peningkatan Akses Air Minum, Sanitasi, dan HIGIENE (WASH4WORK) di Tempat Kerja Provinsi Nusa Tenggara Barat

Sep 01, 2023

“Hotel Aston Inn” Kota Mataram, 24 Agustus 2023

WASH4Work telah diperkenalkan secara global untuk memobilisasi tindakan bisnis pada WASH di tempat kerja, di komunitas tempat perusahaan beroperasi, dan di seluruh rantai pasokan. Di Indonesia, WASH4Work dimulai melalui kerjasama yang erat antara UNICEF, Bappenas, dan Kementerian Tenaga Kerja. Pada tahun 2021, para pemangku kepentingan bersama-sama melakukan penilaian lanskap WASH4Work untuk memetakan kondisi akses WASH di lingkungan kerja di Indonesia. Provinsi NTB dan NTT menjadi bagia dari studi lanskap tersebut bersama dengan 3 provinsi lain (DKI Jakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Timur). Ada 50 perusahaan di provinsi NTB yang menjadi lokasi/responden studi lanskap.

Temuan dari studi tersebut menyoroti kebutuhan untuk meningkatkan kesadaran dan kapasitas sektor swasta tentang WASH untuk berkontribusi lebih baik pada agenda SDG-6 yang lebih luas. Di bawah kepemimpinan Bappenas dan sejalan dengan Peraturan Menteri Kesehatan No. 5 Tahun 2018 tentang Kesehatan dan Keselamatan Kerja di Lingkungan Kerja dan Peraturan Menteri Kesehatan No. 70 Tahun 2016 tentang Standar dan Persyaratan Kesehatan Lingkungan Tempat Kerja dan Industri, K3, panduan telah dikembangkan untuk mendukung proses tersebut.

Maka untuk meningkatkan kapasitas Perusahaan dalam memulai penerapan inisiatif WASH4Work di tempat kerja dan Masyarakat sekitar, Dinas Tenaga Kerja Provinsi Nusa Tenggara Barat di dukung UNICEF melalui Lembaga Mitra Samya melaksanakan kegiatan “Pelatihan Peningkatan Akses Air Minum, Sanitasi, dan Higiene (WASH4WORK) di Tempat Kerja Provinsi Nusa Tenggara Barat” pada tanggal 24 Agustus 2023 bertempat di “Hotel Aston Inn” Kota Mataram.

Kegiatan ini di harapkan dapat membangun dan meningkatkan kapasitas 40 personnels perusahaan yang akan menjadi lokasi studi lanskap di Provinsi Nusa Tenggara Barat. Dan menyusunan rencana tindak lanjut yang akan dilakukan oleh Perusahaan untuk memulai meningkatkan akses WASH di tempat kerja (WASH4Work) dan Masyarakat sekitar (CSR). Di ikuti oleh 45 orang peserta dari Perwakilan Perusahaan lokasi studi lanskap di Provinsi Nusa Tenggara Barat, perwakilan dari OPD terkait (Disnaker Provinsi, Dinas Kesehatan Provinsi NTB). Pelatihan ini difasilitasi oleh Konsultan UNICEF ibu Lina dan tenaga ahli WASH Mitra Samya bapak Purnama Sidi.